Identifier
Identifier adalah nama. Lebih lengkapnya, identifier merupakan nama yang digunakan untuk mengidentifikasi elemen program, misalnya nama variabel, nama konstanta, nama kelas, dan lain-lain.
Aturan identifier untuk Java adalah sebagai berikut:
• Identifier tidak boleh diambil dari keyword, atau true, false, null.
• Identifier boleh menggunakan huruf, angka 0-9, garis bawah (underscore), atau tanda dolar “$”.
• Identifier harus dimulai dengan huruf, garis bawah, atau tanda Dollar “$”.
Jika menyalahi ketentuan di atas, program Java tidak akan dapat dikompilasi karena error.
Tipe Data Primitif
Semua nilai dalam Java adalah referensi terhadap objek. Namun, untuk fleksibilitas, Java tetap mempertahankan tipe data dengan nilai biasa atau bisa juga tipe data primitif (primitive types). Tipe data primitive adalah tipe data yang mempunyai nilai tertentu, bukan referensi class ataupun objek. Berdasarkan tipe datanya, data primitif dapat dikelompokkan menjadi empat:
• Tipe data integer atau bilangan bulat: byte, short, int, long.
• Tipe data float atau bilangan nyata: float, double.
• Tipe data char atau karakter: char.
• Tipe data Boolean: boolean.
Tipe Data Boolean
Boolean digunakan untuk menentukan suatu kondisi apakah benar (true) atau salah (false). Nilai boolean sering digunakan untuk mengatur alur program, terutama pada perulangan dan pencabangan.
boolean isLulus = true; // sudah lulus
boolean isCumlaude = false; // tidak cumlaud
Tipe Data Char
Tipe karakter dalam Java mempunyai ukuran 16 bit atau setara dengan 216=65.536 kode. 256 kode pertama dalam tipe data char digunakan oleh karakter ASCII. Karakter ASCII merupakan karakter-karakter yang banyak digunakan dalam bahasa Inggris. Untuk mencari tahu informasi tentang karakter
Tipe Data Integer
Integer merupakan bilangan bulat. Dalam bahasa Java terdapat empat buah tipe integer. Semuanya dapat bernilai negatif maupun positif: byte, short, int, dan long. Perbedaan keempat integer tersebut hanyalah
pada ukurannya, yaitu mulai dari 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit. Semakin besar ukuran tipe data integer tersebut, semakin besar ukuran nilai yang dapat ditampung.
Tipe Data Floating Point
Floating point merupakan bilangan rasional. Dalam bahasa Java terdapat dua buah tipe data floating point: float dan double. Perbedaan keduanya hanya pada ukuran, yaitu masing-masing 32 bit dan 64 bit.
Class, Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu. Sebuah defenisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode dan kelas batin serta menetukan antar muka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclasstidak secara eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.
Abstract, Abstract class dalam java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan kelas interface. abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class (syntax) digunakan keyword abstract :
[abstract] class [class_name]
Sebuah abstract class pada dasarnya tidak hauh beda dengan class lainnya, yakni juga berisi method yang menggambarkan carakteristik dari kelas abstract tersebut, bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract. untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract:
[abstract] modifier class [class_name]
Contoh penggunaan pada program :
abstract class Shape {
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
Assert, Assertion digunakan untuk mengetes asumsi kita tentang sesuatu, dalam pengertian lain menyebutkan bahwa assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar dititik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, Kata kunci ini dimasukkan untuk membantu dalam debugging.
Syntax assert ada dua, yaitu :
assert booleanExpression;
assert booleanExpression;
bila booleanExpression pada syntax 1 dan 2 bernilai false, maka assert akan melemparkan esception(AssertError). Tapi apabila booleanExpression bernilaitrue, maka tidak akan terjadi apa-apa.
Bila booleanExpression pada syntax kedua bernilai false maka StringExpressionakan ditambahkan pada stack trace, biasanya syntax kedua digunakan untuk menambahkan kejelasan mengapa terjadi AssertionError.
contoh penggunaan dalam progam:
public class Assert01
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
program diatas menggunakan syntax 1 dengan nilai booleanExpression bernilai true
Return, digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang dapt diperlukan oleh defenisi metode yang dikembalikan ke pemanggil.
contoh penggunaan keywords return :
int abs(int x)
{ if (x>=0)
return x;
else
return (-x)
......
}
}
Continue, Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop brlabel melampirkan.
contoh penggunaan dalam program :
public class contohContinue {
public static void main(String args[]) {
int i=0;
do {
i++;
if (i==3) <strong>continue</strong>;
System.out.println(”iterasi ke : “+i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while(i <= 9);</em>
}
}
Break,Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program dipernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini ataupernyataan jika diikuti sebuah label.
public class ContohBreak {
public static void main(String args[]) {
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
If, if digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji suatu ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika lain
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
Else, Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
Byte, byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Switch, Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
Else, Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
Byte, byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Switch, Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.
Case, Case digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch.
syntax switch dan case :
switch (value)
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
For, for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
For, for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
Do, kata kunci yang dpat digunakan bersama dengan whie untuk membuat sebuah dowhile loop, yang menjalankan suatu blok statement berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi Boolean yang dapat berkait dengan while, jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan lagi, ini trussampai ekspresi bernilai false.
While, Kata kunci digunakan untuk membuat loop semntara, ynag menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true, ini terus sampai ekspresi bernilai false. Kta kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah do-while-loop.
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
Float, Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapanagn yang dapa memegang 32-bit persisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kinci ini juga digunakan untuk menyatkan bahwa suatu metode mengembalikan tipe float.
Char, char kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.
Int, Adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai int.
Default, default digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.
Import, Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian tanpa termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0, import laporan dapat mengipor statc anggota kelas.
New, new digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array.
Package, Sekelompok jenis paket dinyatakan dengan package kata kunci.
Interface, digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang hanya berisi metode abstrak, konstan (static final) bidang dan static interface. Hal ini nantinya akan diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan antarmuka dengan implementasi kata kunci.
Long, long kata kunci digunakan unuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer yang melengkapi dua. Kata kunci ini digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe long.
Native, digunakan dalm deklarasi metode untuk menentukan bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber java yang sama, melainkan dalm bahasa lain.
Private, Kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin, anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota lain dari kelas mereka sendiri.
Public, Public kata kunci yang digunakan dalam deklarasi metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode dan bidang dapat diakses oleh anggota dari setiap kelas.
Static, digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode atau kela batin sebagaibidang kelas. Kelas mempertahankn satu salinan bidang kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. Static juga digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat beroperasi pada kolom kelas. (kelas dan interface dideklarasikan sebagai static anggota lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class).
This, digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas dimana ia muncul. This dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas sebagai referensi. This juga kata kunci digunakan untuk meneruskan panggilan dari satu konstuktor dikelas untuk konstuktor lain dikelas yang sama.
Throw, kata kunci yang digunakan untuk menangani exception jenis tugas yang kompatibel. Jikatik adahandler pengecualian tersebut ditemukan dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang dalam metode distack, maka pengecualian dilewatkan kehandler pengecualian theard itu tidak tertangkap.
Try, Medefinisikan blok pernyataan yang telah exception handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch blok dapat menagani menyatakan jenis pengecualain. Juga,opsionalfinally blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try blok dan catch klausa, telepas dari apakah pengecualain dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memilki minimal satu catch klausa atau finally blok.
Void, kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode tidak mengembalikan nilai apapun.
Volatile, digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread, metode, kelas dan interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volative.
Boolean, Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu nilai Boolean, yaitu baik true atau false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakn bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.
Catch, Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan diblok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci, kode ini akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adlah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa.
Const, Meskipun reserved sebagai kata kunci dijava, const tidak digunakan dan memiliki fungsi.
Double, Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatumetode megembalikan nilai tipe double.
Enum, Sebuah java kata kunci yang igunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Matri memperpanjang kelas dasar enum.
Extends, digunakan dalm sebuah deklarasi kelas untuk menetukan superclass, digunakan dalam deklarasi interface nutuk menentukan satu atau lebih superinterface. Kelas X Y meluas kelas untuk menmbah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-overridemetode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menmbahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah ketik Generics.
Final, Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah atau berasal dari nanti. Lebih spesifk, sebuah kelas akhir tidak dapat subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat trjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode dikelas terakhir secara implicit final.
Finaly, digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statement untuk blok yang ditetakan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finaly blok dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau eksekusi meninggalkan metode ditengah try atau catch. blok menggunakan return kata kunci.
Goto, Meskipun receved sebagai kata kunci dijava, goto tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java.
Implement, Untuk menentukan satu atau lebih interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.
Instanceof, Sebuah operator biner yang menggunakan sebuahreferensi objek sebagai operan pertama dan kelas atau antar muka sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean.
Protected, Kata kunci yangdigunakan dalam pembagian lapangan, metode,atau kelas batin, anggota yang dilindungi hanya dapat diakse oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama.
Strictfp, Sebuah java kata kunci yang digunakan untuk membatasi persis dan pembulatan pehitungan floating point untuk memastikan portabilitas.
Super, Untuk mengakse anggota kelas diwariskan oleh kelas dimana ia muncul. Super
kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggialn dari konstruktor di superclass.
Transient, Menytakan bahwa medan bukan contoh default seri bentuobjek.
Synchronized, Digunakan dalam deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex kunci untuk objek sedangkan saat benag mengekekusi kode.
Throws, Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkanditeruskan ketingkat yang lebih tniggi berikutnya program. Semua tertngkap pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.
Short, Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangi dua. Kata kunci ini juga digunaka untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe short.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar